Postingan

Kepada Mujahid || Father Voice

Gambar

3.1.A.9. Koneksi antar Materi - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajar

Gambar
  3.1.A.9. Koneksi antar Materi -  Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajar       Oleh: Ali Usman, S.S., M.Pd. Guru SMP Perguruan Islam Ar Risalah CGP Angkatan IV Kota Padang     “Mengajarkan anak berhitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang berharga/utama adalah yang terbaik” (Teaching kids to count is fine but teaching them what counts is best) (Bob Talbert)     1.       Pandangan Ki Hajar Dewantara dengan Filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil   Pratap Triloka yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara yang terkenal dengan semboyan ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani artinya seorang pemimpin pembelajaran di depan memberi teladan, di tengah membangun motivasi/dorongan, di belakang memberi dukungan. Sebagai pendidik, kita harus menyadari bahwa setiap...

AKHLAK-AKHLAK RASULULLAH MUHAMMAD SAW

Gambar
AKHLAK-AKHLAK RASULULLAH MUHAMMAD SAW Oleh: Irsyad Syafar 1. SHIDQU (JUJUR) Ash Shidq secara bahasa berarti jujur atau berkata benar. Orang yang jujur dan berkata benar disebut dengan shaadiq . Secara istilah, Ash shidqu adalah berkata dan bersikap dengan jujur dan benar, sesuai dengan realita dan kenyataan, dan sesuai dengan isi hati seseorang yang berkata tersebut. Lawan dari shidqu adalah kadzib (bohong). Yaitu berbicara tidak jujur, tidak sesuai kenyataan dan tidak sesuai isi hati pembicara. Kalau Anda berkata, “Saya membuat dan menjual mobil.” Dan kenyataannya memang Anda telah membuat dan menjual mobil, maka Anda telah jujur (Shiddiq). Atau Anda katakan, “Saya kemarin berjumpa si Fulan” dan memang Anda telah berjumpa dengannya kemarin, maka Anda telah berkata jujur. Sebaliknya jika kenyataannya Anda tidak ada membuat dan menjual mobil atau tidak ada berjumpa dengan si Fulan, maka Anda telah berkata bohong (tidak jujur). Ash Shidqu juga berlawanan dengan nifaq (kemunafiqan...

2.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Coaching

Gambar
  2.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Coaching   Ali Usman, S.S., M.Pd. SMP Perguruan Islam Ar Risalah CGP Angkatan IV Kota Padang Pemaparan berikut adalah sebuah kesimpulan dan penjelasan mengenai peran saya sebagai Penuntun (Sistem Among) atau seorang  Coach  di sekolah dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya di Modul 2 yakni Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Emosi dan Sosial. Refleksi dari pemahaman atas keseluruhan materi Modul 2.3 bagaimana keterampilan coaching dapat membantu profesi saya sebagai guru dalam menjalankan pendidikan yang berpihak pada murid.   Pengertian Coaching Menurut Para Ahli Pengertian coaching menurut para ahli adalah: 1.       Sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari coachee (Grant, 1999). 2.   ...

2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

Gambar
  2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFFERENSIASI  Ali Usman, S.S., M.Pd. SMP Perguruan Islam Ar Risalah CGP Angkatan IV Kota Padang Pembelajaran berdifferensiasi adalah pembelajaran yang di dalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang disusun secara sistematis oleh guru agar mampu mengakomodasi seluruh kebutuhan murid yang berbeda di dalam kelas atau lingkungan sekolah. Sebagai guru, tentunya dipahami bahwa jumlah murid yang diajar di dalam kelas memiliki keberagaman tersendiri karena sejatinya setiap murid memiliki keunikannya masing-masing. Dengan keunikan tersebut, guru sebagai pendidik bertindak sebagai fasilitator dalam memahamkan materi kepada murid dan memfasilitasi agar semua murid mampu memproses ide atau informasi yang diperolehnya serta mampu mengembangkan suatu produk sesuai dengan kemampuan muridnya masing-masing. Untuk itu, pada pembelajaran berdifferensiasi, perlu persiapan atau strategi pembelajaran yang tepat dari guru baik meliputi dif...

Pernyataan Sikap BPP FLP Agar Kasus Pelecehan dan Perundungan Terhadap MS Tetap Berjalan Sesuai Koridor Hukum

Gambar
Pernyataan Sikap BPP FLP Agar Kasus Pelecehan dan Perundungan Terhadap MS Tetap Berjalan Sesuai Koridor Hukum Saat ini kasus hukum yang menimpa anggota Forum Lingkar Pena, MS masih berjalan. MS mengalami pelecehan dan perundungan oleh beberapa oknum rekan kerjanya di KPI. Sangat disayangkan, karena masih ada intervensi dari berbagai pihak yang berpotensi melemahkan proses hukum yang tengah berjalan. Untuk itu, kami mengeluarkan beberapa butir pernyataan sikap sebagai berikut: 1. Meminta kepada kepolisian terus memproses kasus MS, agar berjalan sesuai koridor hukum, hingga MS mendapat keadilan 2. Meminta kepada pihak-pihak lain untuk tidak melakukan intervensi, seperti mempertemukan MS dengan pelaku dan memberikan penawaran damai tetapi dengan poin-poin yang merugikan MS. 3. Meminta kepada media dan publik untuk terus mengawal kasus MS, hingga MS mendapatkan keadilan. Demikian pernyataan sikap dari Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena. Semoga bisa menjadi bahan pertimbang...